NAMA : DIMAS PRASETYOKO
NPM : 12110041
KELAS : 1 KA 31
MATA KULIAH : ILMU SOSIAL DASAR

ILMU SOSIAL DASAR-ARTIKEL ILMU SOSIAL DASAR

Pengaruh Tantangan Global terhadap Budaya Bangsa

Adanya unsur budaya asing yang masuk akibat globalisasi, sangat berpengaruh terhadap kebudayaan bangsa Indonesia. Berbagai bidang kehidupan yang lainpun tidak luput terpengaruh pula oleh globalisasi. Karena begitu cepat dan begitu kuat pengaruh yang ditimbulkan budaya asing menyebabkan terjadinya goncangan budaya pada masyarakat Indonesia, dimana masyarakat tidak mampu menahan berbagai pengaruh kebudayaan yang datang dari luar sehingga akan terjadi ketidakseimbangan dalam kehidupan masyarakat tersebut.

Setiap budaya yang masuk sebaiknya harus melalui proses penyerapan , agar budaya-budaya luar yang tidak sesuai dengan karakter bangsa Indonesia tidak masuk dan mempengaruhi masayarakat Indonesia. Namun, seperti yang kita ketahui sekarang ini banyak sekali budaya-budaya asing yang masuk dan mempengaruhi masyarakat Indonesia tanpa melalui proses penyerapan. Misalnya budaya seks bebas di kalangan remaja saat-saat ini. Budaya tersebut sangat jauh dari karakter bangsa Indonesia yang begitu santun.

Tidak hanya masalah yang menyangkut perilaku, teknologi yang berkembang pada era globalisasipun sangat mempengaruhi karakter sosial. Misalnya, adanya komputer. Komputer dengan kemampuannya untuk menyimpan dan memperoleh kembali informasi dengan kecepatan dan ketepatannya. Hal ini pasti mempengaruhi pola perilaku masyarakat pada kehidupan sehari-hari.
Dari contoh-contoh kasus di atas, dapat dikatakan masalah-masalah tersebut timbul ketika kita melakukan hal-hal lebih cepat sebelum norma, keyakinan dan nilai-nilai dibuat untuk menghadapi segala konsekuensinya. Hal-hal semacam inilah yang menjadi tantangan global bagi budaya bangsa kita.

Namun tidak semua pengaruh globalisasi yang masuk akan berdampak negatif bagi kelangsungan hidup Bangsa. Semua tergantung proses masuknya pengaruh globalisasi tersebut & bagaimana setiap individu menyikapinya.




*sumber : buku “Manusia dan Masyarakat ” Pelajaran Sosiologi untuk SMA/MA, penerbit : Exact Ganeca

Facebook Twitter RSS