Tsunami Mentawai, Sumatera Barat

Nama : Dimas Prasetyoko
NPM : 12110041
Kelas : 1KA31
Mata Kuliah : Ilmu Sosial Dasar




  ILMU SOSIAL DASAR – ARTIKEL BENCANA ALAM INDONESIA 2010

                                    Tsunami Mentawai Sumatera Barat

        Tsunami mentawai yang terjadi tanggal 26 oktober 2010 telah merenggut banyak nyawa dan juga korban, hingga kini proses pencarian korban tsunami mentawai masih terus dilangsungkan, Indonesia tengah berduka karena pada saat yang sama terjadi banyak bencana alam seperti Letusan merapi, tsunami mentawai dan juga banjir jakarta. Ratusan orang meninggal, warga kehilangan tempat tinggal, dan kini bahan makanan semakin menipis. Warga pun terpaksa harus berpikir dan mencari jalan keluar sendiri. Berita bencana di Indonesia kini juga tengah menjadi sorotan dunia, terbukti dengan banyaknya pemberitaan mengenai bencana di indonesia yang terjadi sekaligus seperti banjir wasior, letusan merapi dan juga tsunami mentawai.

         Korban tewas akibat gempa 7,2 SR yang berlanjut dengan tsunami di Mentawai, Sumatera Barat, sudah mencapai 311 orang. Jumlah korban diprediksi terus bertambah karena masih banyak lokasi yang belum bisa ditembus tim evakuasi. berikut adalah kabar terkini tentang bencana tsunami mentawai.

         Saat ini, tim evakuasi menggali kuburan massal untuk memakamkan para korban yang sudah teridentifikasi. Setidaknya, ada tiga titik kuburan massal untuk memakamkan ratusan jenazah. Sampai hari ini, Kamis 28 Oktober 2010, tim evakuasi yang sudah menyisir 15 dusun terus melakukan penguburan massal seiring ditemukannya jenazah demi jenazah. Sampai saat ini juga saya sendiri belum mendapatkan daftar nama korban tewas tsunami mentawai. begitu juga dengan tempat untuk mengirimkan bantuan korban tsunami mentawai yang diawali dengan gempa sekuat 7,2SR.

        Tiga titik kuburan massal itu yakni di Desa Munte Baru-Baru, Pagai Utara, ada sekitar 87 jenazah. Kemudian di Desa Mahosai, Pagai Utara, sekitar 35 jenazah dan di Kecamatan Malakopak, Pagai Selatan, ada sekitar 50 jenazah dikuburkan secara massal. Untuk mengikuti kabar perkembangan terbaru seputar tsunami mentawai anda bisa pantau terus di situs situs berita nasional dan juga televisi anda. atau bisa juga anda cari informasi mengenai kronologis tsunami mentawai.


*sumber : www.google.com


         Pendapat saya tentang bencana alam ini, kita seharusnya belajar dari bencana alam Tsunami sebelumnya di Aceh. Tsunami memang sulit diprediksi kapan akan terjadi, namun kita harus selalu waspada dikala terjadi gejala-gejala yang akan menunjukan Tsunami akan terjadi. Di tahun 2010 ini Indonesia memang benar-benar sedang berduka, begitu banyak bencana yang datang silih berganti, tidak ada yang bisa kita lakukan selain berlindung kepada-Nya dan terus berusaha melakukan yang terbaik. Berdoa terus untuk keselamatan Indonesia, Let’s Pray for Indonesia !

         Solusi yang dapat saya berikan tentang bencana alam tsunami di Mentawai ini adalah yang pertama pemerintah selaku pemegang kuasa dan pengatur daerah setempat harus lebih memperhatikan nasib para penduduk terutama yang berada disekitar pesisir pantai, alat pemantau Tsunami seharusnya difungsikan secara maksimal untuk mengetahui kapan Tsunami akan tiba. Solusi yang kedua penduduk harus waspada ketika mereka merasakan gempa, jika memang gempa dirasakan di sekitar daerah dekat laut penduduk diharapkan untuk segera menjauhi daerah-daerah yang dekat dengan laut tersebut dan menuju ke tempat-tempat yang jauh & tinggi, seperti bukit.

Facebook Twitter RSS