Perbedaan Web Programmer dan Web Designer

Assalamualaikum...

Alhamdulillah saya masih diberi kesempatan untuk menulis sebuah tulisan lagi, itung-itung sambil memenuhi tugas kuliah saya hhe. Tulisan saya kali ini akan membahas perbedaan web programmer dan web designer.

Mungkin bagi sebagian orang yang mendengar kata web programmer dan web designer mereka menganggap kedua kata itu memiliki arti sama. Banyak orang mengira seperti itu karena keduanya bekerja dibidang yang sama yaitu pembuatan web.

Nah agar anda tau apa bedanya web programmer dan web designer, saya akan sedikit memberi penjelasan tentang ini.

Web Programmer

Web Programmer, dari namanya saja sudah dapat dibayangkan bahwa dia adalah programmer yang membuat web / aplikasi web dengan menggunakan bahasa pemrograman. Web programmer biasanya berperan sebagai penghubung semua sumber daya yang akan digunakan pada sebuah website, mulai dari pemanggilan database, membuat halaman website yang dinamis, hingga mengatur cara pengunjung untuk berinteraksi dengan elemen-elemen dari website tersebut.

Seorang web programmer diharapkan menguasai bahasa pemrograman baik di sisi server maupun di sisi client, selain itu seorang web programmer juga dituntut untuk bisa mengoperasikan database.

Berikut adalah bagian aplikasi yang harus dipahami oleh seorang web developer .
   • Client-side: JavaScript
   • Server side: ASP, ASP.NET, Java, Perl, PHP, Python, Ruby, dsb.
   • Databases: MySQL, Oracle, dsb.

Seorang web programmer tidak diwajibkan untuk bisa mendesain tampilan web karena itu akan menjadi tanggung jawab seorang web designer, namun akan menjadi nilai tambah jika seorang web programmer memiliki kemampuan mendesain tampilan web. Pada umumnya setelah web programmer selesai melakukan scripting pada aplikasi web, web programmer akan menyerahkan hasilnya kepada web designer untuk dibuatkan tampilan yang menarik.

Web Designer

Mendengar dari namanya pasti anda sudah bisa membayangkan bahwa web designer adalah seseorang yang mendesain sebuah web, ya..seorang web designerlah yang membuat tampilan sebuah web menjadi cantik dan enak dilihat. Para web designer mengintegrasikan komponen seperti gambar, file flash, atau multimedia ke dalam halaman web untuk menambah pengalaman visual user, atau untuk melengkapi content page (isi halaman).

Seorang web designer diharapkan mengerti pemahaman tentang client side scripting, HTML, CSS, cara memanipulasi image dan animasi.

Berikut adalah bagian hal yang harus dipahami oleh seorang web designer:
   • Client-side scripting: JavaScript
   • Server-Side scripting: PHP, ASP, dsb.
   • Cascading Style Sheets
   • HTML
   • Manipulasi image : Adobe Photosop, GIMP, Corel Draw, dsb.
   • Animasi, biasanya berupa flash.

Web designer biasanya bekerja dalam tim untuk memastikan sebuah tampilan website dapat membuat aplikasi web bekerja dengan baik. Keterampilan tambahan berupa komunikasi, tentu akan menjadi sangat berguna bagi para web designer.


RANGKUMAN

Web programmer adalah orang yang bertugas membuat web pada bagian pengaksesan/penggunaan, sedangkan web designer adalah orang yang bertugas membuat web pada bagian tampilan halaman web.

Bagaimana apakah anda sudah jelas ? mudahan-mudahan dengan tulisan saya ini anda menjadi mengerti perbedaan antara web programmer dan web designer. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua. Akhir kata terimakasih dan wasalam...

Facebook Twitter RSS