Tulisan 1 - Bahasa Indonesia 2

Penulisan Ilmiah Rental Buku Bersama


1.1 Latar Belakang Masalah

        Buku merupakan salah satu sumber ilmu. Kata-kata itu mungkin tidaklah salah untuk dikatakan karena dengan membaca buku wawasan pembaca akan semakin bertambah. Namun sekarang ini harga buku sangat mahal sehingga banyak orang kesulitan untuk dapat membeli buku. Untuk mensiasati hal seperti itu banyak orang mencari buku hanya untuk dipinjam dan dibaca tanpa perlu membelinya sehingga tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk membaca buku.

        Terdapat salah satu tempat untuk penyewaan buku yaitu bernama Rental Buku Bersama. Rental Buku Bersama masih menggunakan sistem manual dalam melakukan transaksinya. Namun dengan semakin meningkatnya kuantitas buku yang disediakan dan untuk meningkatkan pelayanan para pelanggan maka sistem manual sudah tidak efisien lagi untuk saat ini. Pemanfaatan teknologi informasi seperti internet merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk menangani masalah tersebut karena dengan penggunaan internet penyampaian dan pencarian informasi dapat dilakukan secara efektif dan efisien, selain itu penggunaan internet juga tidak terbatas pada ruang dan waktu asalkan tersambung dengan jaringannya. Sebagai contoh seorang pelanggan tidak perlu datang ke Rental Buku Bersama untuk mengetahui buku apa saja yang tersedia disana, cukup dengan membuka website yang disediakan para pelanggan dapat mengetahui buku apa saja yang tersedia disana.

        Berdasarkan hal tersebut penulis ingin membuat sebuah aplikasi website yang bertujuan untuk membantu proses transaksi dan informasi pada Rental Buku Bersama. Secara garis besar sistem pada aplikasi ini juga dapat diimplementasikan untuk rental atau perpustakaan lain namun dengan sedikit penyesuaian tergantung rental atau perpustakaan tersebut.

        Aplikasi website yang dibuat oleh penulis diberi nama “Sistem E-Library Berbasis Web di Rental Buku Bersama”. Perancangan aplikasi ini menggunakan software PHP dan Mysql serta dibantu juga menggunakan tool Dreamweaver. Pemilihan software tersebut dirasa cocok untuk perancangan aplikasi ini.

1.2 Ruang Lingkup

        Ruang lingkup pada penulisan ilmiah harus dibatasi agar tetap fokus pada permasalahan yang dibahas. Ruang lingkup penulisan ilmiah ini adalah pembuatan aplikasi website sistem e-library kusus untuk keperluan transaksi dan kebutuhan informasi pelanggan Rental Buku Bersama.

1.3 Tujuan Penulisan

        Tujuan dari penulisan ilmiah ini adalah untuk menjelaskan tentang proses pembuatan sebuah aplikasi website sistem e-library berbasis web di Rental Buku Bersama. Pembuatan aplikasi website ini membatu pengelola Rental Buku Bersama untuk mengatur segala transaksi yang dilakukan dan memberikan kemudahan informasi kepada para pelanggannya.

        Secara spesifik manfaat dari adanya aplikasi website sistem e-ibrary ini antara lain :

1. Pelanggan dapat dengan mudah mengetahui buku apa saja yang tersedia di Rental Buku Bersama tanpa harus datang ke sana.

2. Pengelola Rental Buku Bersama dapat dengan mudah melakukan pencatatan transaksi (peminjaman/pengembalian) buku.

3. Pengelola Rental Buku Bersama dapat dengan mudah memantau segala transaksi yang terjadi dimanapun dan kapanpun tanpa harus datang ke rental.

1.4 Metode Penelitian

        Metode penelitian dalam penulisan ilmiah ini adalah dengan melakukan Studi Pustaka, yaitu dengan cara mengumpulkan informasi tentang PHP dan Mysql dari buku dan internet. Pada penelitian ini penulis perlu melakukan beberapa tahapan yang harus dilakukan, yaitu :

1. Identifikasi

        Pada tahap identifikasi penulis meneliti bagaimana aplikasi website ini berjalan, peralatan apa saja yang digunakan untuk pembuatan aplikasi website ini dan tujuan utama dari pembuatan aplikasi website ini.

2. Analisa

        Pada tahap analisis penulis berusaha untuk menganalisa semua aspek yang menunjang berjalannya aplikasi website ini.

3. Perancangan

        Pada tahap perancangan penulis mencoba untuk merancang aplikasi dengan membuat struktur database dan gambaran interface aplikasi website ini.

4. Implementasi

        Pada tahap implementasi penulis mulai mengimplementasikan rancangan aplikasi yang telah dibuat ke dalam kode-kode program.

5. Uji Coba

        Tahap uji coba perlu dilakukan untuk mengetahui hasil dari pembuatan aplikasi website ini.

        Penulis juga akan mendeskripsikan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang digunakan dalam pembuatan aplikasi website ini.

        Perangkat keras (hardware) yang digunakan berupa sebuah netbook dengan spesifikasi sebagai berikut :

1. Processor AMD Dual-Core (1.0 GHz)

2. RAM 2 GB

3. Hardisk 320 GB

Perangkat lunak (software) yang digunakan berupa :

1. Adobe Dreamweaver CS 6

2. Adobe Photoshop CS 2

3. XAMPP

4. Mozilla Firefox


1.5 Sistematika Penulisan

        Untuk menjelaskan tentang sistematika penulisan ilmiah ini, penulis akan memberikan ringkasan dari masing-masing bab, yaitu sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

        Pada bab ini dijelaskan secara garis besar mengenai latar belakang, ruang lingkup, tujuan penulisan, metode penelitian, dan sistematika penulisan.

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

        Pada bab ini dijelaskan tentang teori dan tools yang digunakan dalam pembuatan aplikasi website ini.

BAB III ANALISA DAN HASIL PENELITIAN

        Pada bab ini dijelaskan tentang proses perancangan dan pembuatan aplikasi website ini.

BAB IV KESIMPULAN

        Bab ini berisi kesimpulan yang dapat diambil dari pembahasan masalah dan saran-saran untuk tindakan lebih lanjut guna membuat aplikasi ini lebih berkembang.

Facebook Twitter RSS